Minggu, 05 Oktober 2014

Travelling Cirebon (Flashback januari 2014)

Selamat malam cuy. Selamat istirahat semua, ayo yang belum tidur tolong sekarang dipejamkan matanya. Biar besok bisa sholat ied ya. Biar postingan gue gak dibaca sama loe cuy, haha. Rasanya pesimis terus ya. Ya maklum postingan gue cuma berisi curhatan curhatan gak jelas. Yang pastinya pada bete untuk dibacanya. Hemm, udah udah jadi OOT gini. Ya sudah sekarang gue lagi pengen flash back dulu cuy. Cerita gue waktu travelling cirebon januari kemaren.

Awalnya sih gue gak ikut berpartisipasi ke cirebon waktu itu 4 temen gue pengen travelling kesana. Pas dicari cari ternyata ada kereta yang masih tersedia dan ikutlah gue. Padahal cuma kereta berangkat aja loh pulangnya gue belom dapet. Tapi gue gak ambil pusing cuma bilang pulangnya mah gampang lihat nanti aja.

Hari H berangkatlah gue pagi pagi buta udah stay di stasiun senen. Oh iya malemnya gue nginep dirumah temen gue fio. Kebetulan dia rumahnya deket senen. Jadi berangkat ke stasiun gak jauh-jauh secara rumah gue di bekasi. Jadi 4 temen gue berangkat naik kereta yang awal gue lupa namanya apa. Beda 45menit dari jadwal kereta yang bakal gue tumpangin. Terpaksa dah sendiri. Empat temen gue itu fio, henry, adit, dan ripay.

Jam 10 tepat mereka udah sampe stasiun cirebon prujakan. 45menit kemudian gue sampe juga. Mereka menunggu lumayan lama. Kita langsung ke tempat penginapan aurora hotel per kamar 180rb. Kita ambil 2 kamar utk 2 hari. Lepas itu kita cari makan. Tujuan pertama ya nasi jamblang mang dul yang terkenal dicirebon tempatnya di gerage. Harganya gue berlima abis 100rb padahal makan banyak semua. Haha ya jadi patungan deh 20rb per orang. Setelah itu kita berlima berniat nyari rental ps yang bisa dibawa biar ga bete di hotel. Setelah keliling-keliling gak dapet. Berhenti dah di tukang tahu gejrot pinggir jalan. Harganya cuma 5rb pedesnya wow. Sadap dahh...

Karena gak dapet rentalan ps kami beranjak ke keraton kasepuhan cirebon. Tapi gak naek angkot melainkan becak yang sebagian besar menjadi alat transportasi terpopuler di cirebon. Di keraton kami disuguhi oleh peninggalan peninggalan kuno kerajaan islam di cirebon. Ada hubungannya juga dengan prabu suliwangi. Yah, seperti itulah kisahnya hehe.

Cirebon itu emang kaya dengan kulinernya, hampir semua orang yang berkunjung ke cirebon hanya ingin menikmati wisata kulinernya. Gue juga gak mau kalah cuy. Malem harinya gue menjajal mie ayam khas cirebon. Mie ayam jenis yamin dengan 2 mangkok. Satu mangkok berisi mie ayam, satu mangkok lagi berisi kuah dengan dua bakso dua ceker dan dua pangsit. Temen gue bilang ini mie ayam tersabi yang pernah dia coba. Sabi itu bahasa sunda yang artinya wuenakk. Sampe sampe mereka nambah. Hohoho. Oh iya untuk satu porsinya 20rb dua mangkok mie ayam sma kuahannya. Mantap ^_^

Pagi harinya kami melanjutkan perjalanan ke kuningan. Sebelumnya kami sarapan khas cirebon lagi. Empal gentong, soto betawinya cirebon hehe. Kita nyari empal gentongnya di daerah pasar tradisionalnya cirebon aja. Supaya lebih ajib dan lebih tradisional rasanya. Dan bener cuy sabi bener utuk harga 8rb permangkoknya. Sabii sabii ^_^

Perjalanan cirebon kuningan sekitar 1-2 jam lah. Tujuan kita adalah taman wisata gunung cermai. Suasananya sejuk redam. Masih alami dan gak banyak polusi. Kita ke curug atau air terjun yang bagus banget. Tak berlama lama gue ambil kamera buat ngabadiin nih tempat. Jeprat jepret. Disini ada hal unik cuy. Biasa hasrat naluri lelaki. Ceritanya begini. Ada rombongan yang dateng dan 3 orang diantaranya itu wanita berbaju minim. Waktu itu kami berlima emang berada di posisi yang gak jauh dari mereka. Jadi pas mereka sedikit merundukkan badan nah tuh ada yang kelihatan. Seketika kami beralih pandang. Celetukan ripay seperti ini "wah pak orange pak, the jack " mentang mentang ripay anak the jak wkwkwkwk.

Ok waktunya pulang, sampai hotel. Malamnya kami stay di alun alun cirebon. Kita makan khasnya kota ini kembali. Yapz ketoprak citebon, sambil memandangi lalu lalang kota yang tidak terlalu ramai seperti sesaknya jakarta. Indahnya :D sampai menunggu larut dan kami balik ke hotel dan beristirahat untuk memulihkan tenaga pulang besok.

Pagi, kami check out dari hotel. Sebelum pulang kami sarapan dulu di warung lengko barno. Makanan khas cirebon ini juga gak kalah enak. Nasi lengko, yang di suguhkan dengan sate kambing. Hemm, bikin panas cuy. Setelah kenyang kami beralih untuk pulang menuju stasiun cirebon prujakan. Oh iya, gue lupa beli tiket pulang. Walhasil gue harus berpisah dengan 4 temen gue. Gue harus melakukan perjalanan naek bis luragung. Dan loe tau cuy bis luragung. Bis tergila yang pernah gue naekin.

Itu pengalaman travelling gue ke kota cirebon. Dan seru cuy. Pengen rasanya balik lagi kesana. Mudah mudahan hehehe.