Selasa, 22 September 2015

Ngomongin Mimpi Dan Cita-Cita

Ngomongin soal cita-cita itu begitu menyenangkan yah. Betapa tidak menyenangkan kalau yang kita bicarakan adalah cita-cita. Karena cita-cita itu adalah harapan besar dalam hidup kita yang ingin sekali bisa kita wujudkan dalam kehidupannya nyata kita. Karena mimpimu bukanlah mimpi dalam tidurmu. tetapi mimpi yang bisa direalisasikan dalam dunia nyata.

Because the dream is not a dream in your sleep but a dream that can be realized in the real world.

Sebenarnya mimpi gue itu simpel aja sih. Gue hanya ingin bisa melihat indahnya dunia dengan kedua mata gue sendiri. Hal yang simpel namun begitu rumit dan kompleks jika dijalankan. Terkadang gue merasa cemburu dengan orang yang sudah mewujudkan cita-citanya. Apalagi mereka meraihnya di usia yang terbilang muda. Seperti ada kepuasan tersendiri yang dirasa. Meski gue belum bisa mewujudkan cita-cita gue dimasa muda. Gue masih ingin terus mengejarnya. Karena cita-cita adalah salah satu pelecut semangat gue menjalani hidup. Cita-cita juga mewarnai keseharian gue. Coba kalian bayangkan jika seandainya kalian hidup di dunia ini tanpa menciptakan mimpi. Betapa begitu monotonnya perjalanan yang kita hadapi. Maka dari itu, cita-cita bisa kita jadikan acuan untuk menghadapi hitam dan putihnya kehidupan.

Tentang mimpi gue yang mungkin bagi sebagian orang kalau mimpi gue ini terlalu muluk. Gue sadar sebenernya ini terlalu jauh untuk ditempuh. Bagi gue semuanya bukan tidak mungkin melainkan belum diberi kesempatan oleh Tuhan untuk mencapai cita-cita yang diharapkan. Memang tak mudah, namun ini tantangan. Jika berhasil pasti aku adalah orang yang paling merasa bahagia dan sukses menjalani hidup. Dan jika gagal, toh gue udah berusaha begitu keras untuk mengejarnya meski gagal gue punya pengalaman yang indah dari semua perjalanan untuk bisa terciptanya mimpi. Seperti kata pepatah dulu, Tak ada yang mustahil meski banyak orang yang berkata mustahil. Selama masih ada jalan disitu gue berlari meraihnya. Yang terpenting semangat, selalu terus berusaha dan jangan lupa berdoa.

"Let your dreams begin" lo tau kenapa gue bilang begitu ? Menurut gue biarkan mimpi itu memulai karena mimpi yang lo cipta jangan hanya bersandar diangan-angan lo saja. Namun coba di rincikan bagian per bagian. Lalu dispakati dan terbangkan sayapnya untuk mencoba memulainya. mimpi yang diawali dengan memulainya akan lebih baik jika hanya dibiarkan bergantung dalam angan-angan. Itu sama saja seperti lo yang begitu menggebu menginginkannya namun lemah ketika melihat terjalnya rintangan yang mesti lo laluin. Jangan khawatir dengan terjalnya jalan yang mesti lo tempuh. Jalan lah perlahan. Meski begitu jauh. Meski harus menghabiskan waktu begitu lama. Setidaknya lo telah berusaha. Jika lo lelah berhentilah, istirahatlah sejenak, Bangun Semangat lo kembali di dalam hati Bahwa mimpi yang sudah berada di genggaman tangan lo bakan manis jika lo bisa melakukannya sendiri. Setelah itu jalan kembali. Tak usah terlalu terburu-buru karena kalau lo lelah, dan timbul rasa putus asa yang dalam, semua itu akan menjadi sia-sia belaka. Jadi jalanlah kembali perlahan. Meski setapak demi setapak, setidaknya lo masih berusaha tanpa terbesit sedikitpun rasa putus asa. Mari Kita jalani bersama demi mimpi dan cita-cita yang telah kita bina.



Rabu, 09 September 2015

Hilir Mudik Sebuah Cinta

Meski berkali-kali kita jatuh pada luka. Meski kita masih saja terulang kembali tentang rasa sakit yang sama. Kita masih saja ingin tetap menikmati cinta. Masih terus berharap pada sesuatu yang baru dan tak lagi mengulang kesalahan yang lama. Dengan pesona dan aroma yang lebih baik lagi. Dengan kesungguhan yang seserius mungkin. Namun terkadang cinta masih menghadirkan kisah lama. Tentang kisah sebuah luka. Rasa sakit dan patah hati yang yang acap kali hadir. Tentang sesuatu yang tak kita harapkan namun terjadi. Rasa sakit yang selalu membayangi di ujung keindahannya.

Meski begitu. Cinta masih menjadi pelecut semangat kita. Cinta tak pernah dilupakan meski sakitnya begitu lama kita rasakan. Bahkan cinta berkali-kali menggebu saat kita menemukan seseorang yang baru. Seseorang yang telah merasuki hati untuk kesekian kali. Aku tak akan memungkirinya karena cinta begitu muadah hadir. Mungkin cinta tak akan sekejam itu. Karena cinta adalah sesuatu hal yang skaral. Sebuah kata yang begitu suci. Jika ada penyesalan dan rasa sakit yang teramat dalam dikemudian hari kesalahan itu mutlak disematkan pada seseorang yang telah mengubah cinta menjadi benci. Membuat kalimat suci tersebut menjadi kata yang sulit di eja.

Jangan takut untuk jatuh cinta. Meski lukanya berkali-kali hadir menghujam hati. Cinta membutuhkan emosi yang stabil. Menurutku ada tiga hal yang bisa mempertahankan hubungan. Karena cinta perlu pengorbanan dalam mempertahankannya. Tiga hal itu adalah Saling mengerti, saling mengalah, dan saling percaya. Mengerti apa yang dirasakan satu sama lain. Saling mengalah karena menjauhkan dari perdebatan yang mengakibatkan perpecahan. Dang saling percaya jika sepasang kekasih berada pada suatu tempat yang berbeda. Aku menyimpulkan sesederhana itu. Karena cinta memang begitu sederhana. Karena cinta bukanlah suatu perasaan yang harus dipaksakan namun, dinikmati setiap langkahnya.

Dan meski kita akan jatuh kembali pada satu tempat yang sama. Dimana kau ditemani kembali dengan patah hati karena cinta yang kandas. Jangan pernah kau menghardiknya. jangan pula kau membencinya. Seperti yang aku bilang tadi. Bahwasannya cinta itu begitu suci. Karena seharusnya kita yang mesti berintropeksi diri. Kita mungkin telah menyia-nyiakan satu hal yang kita tak pernah sadar. Semampu apapun kita memaksa cinta yang sudah kau miliki. Jika Tuhan tak mengizinkannya, Cinta itu tak akan bertahan untukmu. Namun ketahuilah, Jika cinta yang lama tak bisa membuatmu merasa bahagia. Tuhan pasti akan menggantinya dengan yang lebih pantas dan lebih indah untuk kau rasakan kelak.

Selasa, 01 September 2015

Kegiatan Gue Di Pasar Malam Dulu


Dahulu waktu gue masih sekolah di masa SMP-SMA hiburan yang paling gue suka adalah pasar malam. Jelas karena dahulu hiburan seperti mall atau bioskop masih begitu jarang. Dan hiburan seperti wahana-wahana layaknya dufan hanya ada di pasar malam yang harganya begitu terjangkau. Gue jadi pengen cerita hal-hal yang selalu gue lakukan kalau sedang berada dipasar malam. Entah Sampai saat ini masih terlintas jelas betapa bahagianya gue dulu. Dari yang sekedar berbelanja hingga kejahilan yang gue lakukan di pasar malam. Dari pada lama-lama mending gue jabarin satu-satu.

1. Berbelanja. 


Berbelanja adalah hal pertama gue kalau mau ke pasar malam. Apalagi kalau duit lagi tebel dikantong rasanya pengen ada pasar malam dan gue seneng berbelanja. Mungkin karena di pasar malam harga terjangkau dan banyak variasi yang bisa kita belanjakan untuk kebutuhan yang diinginkan.

2. Permainan.


Nah kalau yang ini kadang gue nguji tantangan. Permainan ini banyak digemari oleh orang-orang yang datang di pasar malam. Dari dewasa, remaja hingga anak-anak. Uji ketangkasan ini banyak macamnya. Yang paling sering gue coba yaitu memasukkan lubang kedalam botol minuman softdrink. Dan anehnya gue selalu kalah.

3. Bermain Wahana.


Kalau bicara wahana memang banyak yang tersedia di pasarmalam. Mulai dari komedi puter yang standart hingga ter extrem. Kalau mau yang normal-normal saja coba andda naik kincir yang memang tidak sebesar bianglalanya dufan. Namun cukuplah untuk bisa melihat sekitaran pasar malam dari ujung ke ujung. Namun jika ingin menonton yang paling extrim mari kita nonton tong setan. Lo bakal ditakjubkan dengan orang yang sedang menaiki sepeda motor dengan berputar-putar di dalam tong yang paling besar. Inget, jangan deket-deket, ntar lo kena jitak sama si pengemudi. Emang setan tuh orang. Terjadilah tong setan. lah :D

4. Kerjaan Jahil Gue.Di Pasar Malam ( Bukan Untuk Ditiru )


Nah ini nih kegiatan jahil gue dulu waktu gue sedang berkunjung ke pasar malam. Menguntit atau mengambil kaset di para penjual kaset tape. Gue sama temen-temen gue sering menyebutnya nge-X. Alasan pertama gue ya karena kita hobi musik dan gak punya uang. Selain itu gue juga pengen ngebrantas korupsi eh salah ngebrantas pembajakan liar dengan mengambil barang mereka buat gue setel dirumah musnahkan. Biasanya gue beli 1 CD sedangkan temen gue yang mulai nge-X. Dan kita dapat 5 keping kaset tape dengan harga 5 ribu rupiah kala itu. Hahaha. Tolong jangan ditiru ya, ini cuma kejahilan gue dulu. maafkan saya :( :(

5. Mencari Tukang Dadu Koprok ( Jangan Ditiru Jilid 2 )




Nah yang ini tolong jangan ditiru yah. Perbuatan gue dulu emang super bandel. Tapi percaya deh, gue gak ngelakuin hal ini lagi. Dulu Setiap kali gue kepasar malem, Gue selalu kepojokan berharap ada tukang koprok. Tapi benar apa kata bang Haji Rhoma Irama kalau judi itu hanya menjanjikan kemenangan namun nyatanya justru sebaliknya. Gue berharap lo dan gue gak akan terjerumus lagi dalam hal beginian lagi. Amin.

6. Kenalan Sama Cewek.



Nah kalau yang ini sepertinya wajib buat temen-temen gue. Rasanya kalau kepasar malam mesti kudu wajib mencari wanita cantik trus mengajaknya untuk kenalan. Mungkin karena masa muda adalah masa puber. Biasanya kami mecari cewek yang tak sendiri juga. Agar tidak lebih grogi pada saat pertama menyapa. Pertama-tama kami menguntit mereka dari belakang hingga mengikutinya sampai rumahnya. Ketika dalam keadaan sepi baru deh aksi kita dimulai. Menyapa dan menyodorkan tangan untuk menjabat untuk yang pertama kalinya.

Meski dahulu jarak dari rumah ke pasar malam berpuluh-puluh kilo. kami siap untuk menyambangi pasar malam karena dahulu hiburan kami hanyalah dia. Sekarang pasar malam hanya sebuah pasar tradisional yang tak banyak dikunjungi. Keadaannya semakin sepi. Meski mereka sudah tidak difaforitkan. Sesekali kami mengunjunginya. Dan kini mungkin kami merindukannya.