Rabu, 05 Agustus 2015

Tips Mencegah Spam Di Facebook

 Picture by Google


Wah udah lama gak update blog rasa-rasanya buat otak gue jadi mati rasa, sulit untuk berfikir. Memang benar kalau mau terus konsisten menulis harus mesti harus terus sering-sering update. Seperti umpama sebuah pisau, mesti sering-sering dipakai supaya tidak tumpul. Mungkin saat ini otak gue bener-bener sedang tumpul untuk berfikir keras. Sekian malam gue udah meditasi, siang malem gue bertapa di gunung hua kwo tetep aja itu inspirasi belum turun di otak gue. Mungkin masih nyangkut di dahan-dahan pohon.

Dari pada pusing nyari inspirasi mending gue share aja pengetahuan umum yang biasa didapati oleh anak-anak muda jaman sekarang. Gue mau bahas masalah spam yang ada di media sosial khususnya facebook. Sebelumnya gue mau kasih tau apa itu spam. Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Kalau saja yang di share adalah hal-hal baik, mungkin kita akan merasa senang dan ikhlas. Tapi jika yang di share adalah hal-hal buruk seperti : Jaualan online Black Market, Situs-situs Link Porno, dan yang lainnya yang mengganggu kesenangan pembaca. Pastinya banyak yang dirugikan. Dan tentunya itu yang membuat kita merasa kesal dengan spam yang datang bertubi-tubi tersebut.

Nah mumpung lo semua belum terjangkit virus spam yang mulai beredar dan meresahkan tersebut gue punya trik buat lo agar setidaknya mencegah supaya tidak terjangkit spam tersebut. Nih tips dari gue, cekidot :

1. Jangan sembarang meng "klik" link-link yang dirasa meragukan. Mungkin itu adalah spam yang tersembunyi. Spam yang tak dirindukan (kek judul film). Yang jelas jangan coba-coba lo klik tuh tautan. mungkin saja tautan tersebut bisa me-link-kan akun facebook lo dengan tautan yang berbau spam dan men-share-nya kembali di halaman beranda lo apalagi grup yang lo ikuti.

2. Bila ada hal yang mencurigakan dan meminta anda memasukkan alamat email dan password jangan lo gubris. mungkin aja itu pishing. Pishing bukan berarti ikan atau memancing ye, pishing disini adalah pengelabuan atau suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau peasn instan. Dari situ akun facebook lo bakal diambil alih dan dimanfaatkan untuk kepentingannya. waw serem sekali yah.

3. Kalau lagi browsing pribadi usahakan akun facebook dalam tab lain di nonaktifkan terlebih dahulu. Karena kenapa ? Takutnya saat kita browsing kita tidak pernah tau ada pop up yang bakal ke klik dan ternyata itu adalah spam dan meminta konfirmasi lewat akun facebook. Dikarenakan akun facebook di tab lain tadi sedang aktif maka konfirmasi pun terselesaikan dengan mudah. maka spam tersebut berhasil menduduki facebook anda. hahaha. Inget ya di non aktifkan dulu.

4.  Jangan main facebook. Mungkin ini cara paling mudah buat lo untuk gak bakal kena spam. Lah wong facebook aja gak punya gimana bisa nyepam. hehehe

Sekian dulu tips dari gue yang gak bener tolong jangan dibenerin biar begitu aja kan jadi lucu. haha. tetap selalu hati-hati dalam menjelajah dunia maya ya gue nulis ini karena gue udah pernah kena yang namanya spam dari orang yang tidak berkepentingan. Be careful.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu adalah harapan masa depan ku, Sadapppp :D